Minggu, 27 Januari 2013

The Waterfall Model (Rekayasa Perangkat Lunak)



Model siklus hidup (life cycle model) adalah model utama dan dasar dari banyak model. Salah satu model yang cukup dikenal dalam dunia rekayasa perangkat lunak adalah The Waterfall Model.  Ada 5 tahapan utama dalam The Waterfall Model seperti terlihat pada Gambar (bagian bawah).  Disebut waterfall (berarti air terjun) karena memang diagram tahapan prosesnya mirip dengan air terjun yang bertingkat.

Tahapan-tahapan dalam The Waterfall Model secara ringkas adalah sebagai berikut:

  • Tahap  investigasi  dilakukan  untuk  menentukan  apakah  terjadi  suatu masalah atau adakah peluang suatu sistem informasi dikembangkan.  Pada tahapan  ini  studi  kelayakan  perlu  dilakukan  untuk  menentukan  apakah sistem informasi yang akan dikembangkan merupakan solusi yang layak
  • Tahap analisis bertujuan untuk mencari kebutuhan pengguna dan organisasi serta menganalisa kondisi yang ada (sebelum diterapkan sistem informasi yang baru).
  • Tahap  disain  bertujuan  menentukan  spesifikasi  detil  dari  komponen- komponen sistem informasi    (manusia, hardware, software, network dan data) dan produk-produk informasi yang sesuai dengan hasil tahap analisis.
  • Tahap    implementasi    merupakan    tahapan    untuk    mendapatkan    atau mengembangkan    hardware    dan        software        (pengkodean    program), melakukan pengujian, pelatihan dan perpindahan ke sistem baru.
  • Tahapan perawatan (maintenance) dilakukan ketika sistem informasi sudah dioperasikan.  Pada tahapan ini dilakukan monitoring proses, evaluasi dan perubahan (perbaikan) bila diperlukan.
 The Waterfall Model
 The Waterfall Model



 Sumber  :   http://www.teknik-elektro.org/2012/06/waterfall-model-rekayasa-perangkat.html

0 komentar:

Posting Komentar