Minggu, 27 Januari 2013

Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)

Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)

Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) adalah sarana yang terbentang di udara untuk menyalurkan tenaga listrik dari Pusat Pembangkit ke Gardu Induk (GI) atau dari GI ke GI lainnya yang disalurkan melalui konduktor yang direntangkan antara tiang-tiang (tower) melalui insulator-insulator dengan sistem tegangan tinggi (30 kV, 70 kV dan 150 kV).
Konfigurasi jaringan pada umumnya single atau double sirkuit, dimana satu sirkuit terdiri dari 3 phasa dengan 3 atau 4 kawat. Biasanya hanya 3 kawat dan penghantar netralnya digantikan oleh tanah sebagai saluran kembali.

Apabila kapasitas daya yang disalurkan besar, maka penghantar pada masing-masing phasa terdiri dari dua atau empat kawat (double atau qudrapole) dan berkas konduktor disebut bundle conductor. Jika transmisi ini beroperasi secara parsial, jarak terjauh yang paling efektif adalah 100 km. Jika jarak transmisi lebih dari 100 km maka tegangan jatuh (drop voltage) terlalu besar, sehingga tegangan di ujung transmisi menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka sistem transmisi dihubungkan secara ring system atau interconnection system. Ini sudah diterapkan di Pulau Jawa dan akan dikembangkan di pulau-pulau besar lainnya di Indonesia.

  1. Komponen dan Fungsi

Berdasarkan fungsi dari tiap-tiap komponennya, sistem transmisi SUTT dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Isolasi
  2. Pembawa arus
  3. Kontruksi dan pondasi
  4. Proteksi petir
  5. Aksesoris 
Sumber : http://www.teknik-elektro.org/2012/05/saluran-udara-tegangan-tinggi-sutt.html

0 komentar:

Posting Komentar