Kamis, 18 April 2013

Organisasi Memori AT89C51



Memori adalah bagian terpenting bagi mikrokontroler, memori terbagi 2 bagian yaitu :
  1. Memori program, memori ini digunakan untuk menyimpan program begitu direset mikrokontroler akan langsung bekerja dengan program yang ada didalamnya. Program akan selalu ada dan tersimpan meskipun tanpa power supply ataupun kehilangan catu daya. Memori program biasa disebut dengan ROM (Read Only Memory).
  2. Memori data, memori ini digunakan untuk menyimpan data pada saat program bekerja. Program akan selalu ada dan tersimpan jika power supply atau catu daya terhubung. Memori data biasa disebut dengan RAM (Random Access Memory). 
     
Memori pada intinya berfungsi untuk menyimpan suatu informasi. Memori penting bagi MCS-51 karena semua program dan data tersimpan dalam memori. Makin besar kapasitas memori yang dimiliki, sistem dapat mengakomodasi program yang lebih kompleks dan data lebih banyak. Mikrokontroler AT89C51 mempunyai struktur memori yang terdiri atas :
  1. RAM Internal, memori sebesar 128 byte yang biasanya digunakan untuk menyimpan variabel atau data yang bersifat sementara.
  2. Special Function Register (Register Fungsi Khusus), memori yang berisi register-register yang mempunyai fungsi-fungsi khusus yang disediakan oleh mikrokontroler tersebut, seperti timer, serial, dan lain-lain.
  3. Flash PEROM, memori yang digunakan untuk menyimpan intruksi-intruksi MCS51.
  4. Mikrokontroler AT89C51 mempunyai struktur memori yang terpisah antara RAM internal dan Flash PEROM-nya. Seperti yang tampak pada gambar 2.4.


Gambar 2.4  Alamat RAM Internal Dan Flash PEROM
Gambar 2.4
Alamat RAM Internal Dan Flash PEROM

Memori data nomor 00h sampai 7Fh bisa dipakai sebagai memori penyimpanan data biasa, dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
  1. Memori nomor 00h samapi 18h selain sebagai memori data biasa, bisa juga dipakai sebagai register serba guna (General Purpose Register).
  2. Memori nomor 20h sampai 2Fh selain sebagai memori data biasa, bisa dipakai untuk menyimpan informasi dalam level bit.
  3. Memori nomor 30h sampai 7Fh (sebanyak 80 byte) merupakan data memori biasa, bisa dipakai untuk menyimpan data maupun dipakai sebagai tumpukan.

Gambar 2.5  Organisasi Memori Mikrokontroler

Gambar 2.5
Organisasi Memori Mikrokontroler

0 komentar:

Posting Komentar