Kamis, 18 April 2013

Mikrokontroler AT89C51


Mikrokontroler yaitu sebuah komponen elektronika yang merupakan salah satu keluarga MCS-51, yang dibuat dengan teknologi memori yang cocok dengan standar industri MCS -51. Instruksi set pemrograman yang dipergunakan untuk memprogram IC kontroler ini sama dengan dipergunakan untuk memprogram MCS-51. Seperti umumnya komputer, mikrokontroler adalah alat yang mengerjakan instruksi-instruksi yang diberikan kepadanya. Artinya, bagian terpenting dan utama dari sistem komputerisasi adalah program itu sendiri yang dibuat olehprogrammer. Program ini menginstruksikan komputer untuk melakukan koneksi yang panjang dari aksi-aksi sederhana untuk melakukan tugas yang lebih kompleks yang diinginkan oleh programmer

Mikrokontroler AT89C51 bekerja sesuai dengan program yang diisikan kedalam memorinya seperti layaknya sebuah komputer yang sangat sederhana. Aplikasi yang digunakan dalam mikrokontroler hanya satu program saja yang bisa disimpan, tidak seperti sistem komputer yang mampu menangani beberapa macam aplikasi. Program mikrokontroler dapat diisikan secara berulang-ulang dan dihapus. Bahasa program yang digunakan pada mikrokontroler yaitu mnemonics sebagai bentuk bahasa assembly sehingga dapat mempermudah pengguna berkomunikasi dengan suatu aplikasi atau sistem.

Mikrokontroler MCS-51 Atmel dibagi dua jenis, yaitu mikrokontroler yang memiliki 40 kaki setara dengan 8051, dan mikrokontroler yang memiliki 20 kaki adalah MCS-51 yang disederhanakan, penyederhanaan dilakukan dengan cara mengurangi jalur input/output paralel. Penyederhanaan ini dimaksudkan untuk membentuk mikrokontroler yang bentuk fisiknya sekecil mungkin tetapi memiliki kemampuan yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar