Selasa, 21 April 2015

Ulasan Artikel Perkembangan Graphic Card nvidia

Artikel tentang perkembangan teknologi graphic card nvidia secara lengkap dapat dilihat DISINI


Ulasan artikel diatas
Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin baik dalam membantu pekerjaan manusia untuk itu para vendor pengembang GPU (graphics Processor Unit) pun mengalami dampaknya untuk terus mengembnag produks graphics crad mereka masing-masing. Pada awalnya para developer menciptakan VGA yang memiliki spesifikasi yang masih terbatas hingga saat ini mengeluarkan VGA yang mimiliki spesifikasi yang begitu menunjang konsumen dalam segi desain grafis, pencinta game, animasi maupun segala hal yang menyangkut dalam tampilan dan grafis.
    Salah satu vendor GPU yang terkenal salah satunya adalah nvidia. Perusahaan yang awal berdirinya pada tahun 1993 yang di gagas oleh beberapa pendirinya, antara lain adalah jen hsung huang (CEO nvidia yang sekarang), Curtis Priem dan Chris malachowsky,  ide nama nvidia sebagai nama perusahaan digagas dari kombinasi antara huruf inisial n sebagai variabel dalam matematika - dan kata video berasal dari bahasa latin yang artinya melihat hingga akhirnya nama tersebut memiliki makna "pengalaman visual terbaik".
    Graphics card pertama nvidia adalah NV1. NV1 dirilis pada tahun 1995 yang pada saat itu perkembangan PC baru memasuki era PC 486. Graphic card pada saat itu bukan merupakan kartu grafis murni, karena NV1 mempunyai integrated soundcard, jadi lebih bisa disebut sebagai kartu multimedia dari pada kartu grafis murni.Walaupun sudah bisa memainkan game 3d namun pilihan game yang saat itu sangat sangat terbatas sehingga menjadikan kartu ini sedikit mubazir.
    Pada tahun 1997 nvidia kembali mengeluarkan generasi terbaru graphic cardnya yang diberi nama NV2 atau yang lebih dikenal dengan  Riva 128, mempunyai 3,5 juta transistor dan berbeda dengan NV1 yang tidak mendukung direct 3D Riva 128 mendukung penuh direct3D 5 dan OpenGL API, selain itu kemampuan untuk menampilkan kualitas 2D sangat baik untuk saat itu. Kemudian perkembangan graphic card nvidia makin tak terbendung. Hampir tiap tahun nvida selalu mengeluarkan produk andalan terbarunya mulai dari nvidia RIVA TNT 1 & 2 RIVA  merupakan kepanjangan dari Realtime interactive Video and Animation Accelarator dan TNT adalah singkatan dari Twin Texel, TNT pertama kali dirilis pada tahun pada akhir tahun 1998. TNT2 pada awal 1999, keduanya sebenrnya sangat mirip baik dari kecepatan dan fitur yang di tawarkan, namun TNT mempunyai sedikit perbedaan yaitu telah mendukung AGP4x, mendukung memory hingga 32MB, dan proses produksinya sudah 25PM.
    Hingga produk terbaru dari nvidia yang dirilis pada tahun 2013 yang diberi nama dengan nvidia GeForce 700 series. GeForce 700 series adalah anggota keluarga GeForce series terbaru. Hal yang mendasari dikeluarkannya GeForce 700 series ada pada refresh arsitektur Kepler (GK-nama kode chip), yang digunakan dalam versi sebelumnya GeForce 600 Series. Sejumlah GeForce 700 chip seri telah dirilis untuk perangkat mobile pada bulan April 2013. GeForce 700 kartu seri pertama kali dirilis Mei 2013, dimulai dengan merilis GeForce GTX 780  

Sumber Artikel

0 komentar:

Posting Komentar