Selasa, 01 April 2014

Rangkaian Booster Antena TV

Rangkaian Booster Antena TV adalah alat yang berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal oleh televisi UHF. Rangkaian ini kini nampaknya mulai menjadi idola di kalangan masyarakat. Pasalnya, masyarakat banyak yang menggunakan televisi antena UHF sebagai sarana hiburan utama di dalam rumah. Biasanya masyarakat menggunakan rangkaian booster ini untuk mendapat saluran yang beragam dan gambar yang lebih jelas. Para pengguna rangkaian ini biasanya orang-orang yang tinggal jauh dari stasiun pemancar. Khususnya masyarakat yang tinggal di pelosok desa dimana signal saluran televisi terhalang oleh pegunungan. Mungkin bagi orang-orang yang belum tahu mengenai kegunaan booster ini akan memasang antena tinggi-tinggi. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk tentunya akan berbahaya bila musim hujan tiba karena bisa tersambar petir atau bahkan roboh tertiup angin dan membahayakan para tetangga.

Gambar Skema Rangkaian Booster Antena TV

Rangkaian Booster Antena TV
Beberapa orang mempunyai uang lebih mungkin akan memilih untuk membeli booster, membeli parabola atau berlangganan tv kabel. Namun, harga booster-booster yang dijual di pasaran tidaklah murah, maka tidak semua masyarakat mampu mendapatkannya. Rangkaian booster antena tv kini bisa dibuat sendiri di rumah, tentu hal ini mampu menjadi alternatif untuk masyarakat yang ingin mendapatkan siaran televisi yang lebih jernih dan beragam. Walaupun kedengarannya akan rumit dalam pembuatannya, sebenarnya untuk merangkainya kita hanya memerlukan beberapa alat yang mudah didapatkan di toko-toko alat listrik dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.
Untuk masalah kualitas mungkin rangkaian ini tidak sebagus booster-booster televisi yang ada di pasaran, namun anda bisa mengembangkannya menjadi rangkaian yang lebih baik lagi. Rangkaian ini hanya menggunakan transistor satu buah, yaitu transistor BF180 dan satu komponen pasif. Dengan penguatan yang diperoleh kurang lebih 15 db, frekuensi yang didapat dari rangkaian booster antena tv ini adalah Ultra High Frequency atau UHF. Jadi, rangkaian ini hanya bisa digunakan untuk televisi yang menggunakan antena UHF biasa bukan parabola. Rangkaian ini bekerja pada rata-rata frekuensi radio antara 400 MHz hingga 800 MHz.

Sumber : http://komponenelektronika.biz/rangkaian-booster-antena-tv.html

0 komentar:

Posting Komentar